Langsung ke konten utama

BELAJAR COREL DRAW





CorelDraw 12 merupakan salah satu software desain grafis yang sangat terkenal. Berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia di sini sehingga memudahkan para penggunanya untuk memanfaatkannya. CorelDraw 12 dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat brosur, membuat pamphlet, surat undangan, majalah, brosur dan cover buku yang menarik.

Supaya dapat membuahkan hasil yang menarik, diperlukan latihan-latihan. Sebagai bahan latihan, akan saya paparkan tips & triks menggunakan coreldraw. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua
  1. Membuka Corel Draw
Klik Start à All Programs à pilih CorelDRAW Graphics Suite 12 à Klik CorelDraw 12.
Cara lain: Klik shortcut di desktop yang bertuliskan CorelDraw 12.
  1. Tampilan Corel Draw
o Menu utama (1) à terdiri dari menu-menu untuk mengoperasikan CorelDraw 12.
o Standar (2) à perintah-perintah pada menu utama
o Property bar (3) à berisi tombol-tombol perintah tambahan.
o Tool box (4) à berisi alat untuk mendesain gambar.
o Ruler (5) à sebagai garis pengukur objek
o Color Pallete (6) à berisi perintah untuk memilih warna objek.
o Pages (7) à sebagai petunjuk halaman yang aktif.
o Lembar kerja (8) à halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.

  1. Menyimpan Desain File
Klik menu File à Save à tulis pada filename nama filenya à tekan Save.
  1. Menutup File
Klik menu File à klik Close.
  1. Menutup Program CorelDraw 12
Klik menu File à klik Exit.
  1. Mengatur Ukuran/ Jenis Kertas
Klik menu File à New à klik kotak Paper Type/Size pada property bar pilih jenis kertas yang anda inginkan. Misalkan letter, legal, tabloid dsb.
  1. Mengatur unit satuan
Klik Drawing Unit pada property bar untuk memilih unit satuan yang anda inginkan. Misalkan: inches, millimeters, dsb.
  1. Menampilkan dan mengatur Grid
Klik menu View à Grid à garis grid akan ditampilkan.
Jika anda ingin mengubah garis grid menjadi titik-titik, klik menu View à Grid and Ruler Setup à muncul kotak dialog, pilih Show grid as dots untuk mengubah garis menjadi titik-titik.
  1. Menambah halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Insert Page After.
  1. Menghapus halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 à Klik kanan, pilih Delete Page Before.
  1. Mengubah nama halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Rename.
  1. Membuat objek segi empat
Klik Rectangle Tool pada Tool Box atau tekan F6 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk persegi panjang.
Jika anda ingin membuat persegi/ bujur sangkar, Langkah sama seperti membuat persegi panjang. Hanya saja pada saat drag tombol kiri mouse sambil tekan Ctrl pada keyboard.
Jika ingin sudut dari segi empat di atas berbentuk melengkung (tidak siku) maka caranya adalah: tekan Pick Tool pada Tool Box à pilih objek segi empat tersebut à Klik Shape Tool (atau tekan F10) à Arahkan pointer pada sudut segi empat lalu drag (geser sedikit) dengan menekan tombol kiri mouse.
  1. Membuat objek lingkaran
Klik Ellipse Tool pada Tool Box atau tekan F7 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk lingkaran.
Jika anda ingin mengubah lingkaran menjadi variasi yang berbeda, Langkahnya drag lingkaran tersebut à klik Shape Tools pada Tool Box. Jika ingin bentuk pie, drag-lah lingkaran dari dalam. Jika ingin bentuk arc, drag-lah lingkaran dari luar.
  1. Membuat objek polygon
Klik Polygon Tool atau tekan Y à arahkan pointer yang berbentuk (+) ke lembar kerja à tekan tombol kiri mouse geser secara diagonal sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah polygon segi lima.
Untuk menambah atau mengurangi segi tersebut, gunakan fasilitas Number of Point on Polygon à klik segi yang dikehendaki (missal 3) à akan terbentuk segitiga.
Untuk mengubah polygon menjadi bentuk bintang, lakukan langkah berikut. Drag segi lima à tekan shape Tool à arahkan pointer ke objek tersebut di antara dua segi yang berpotongan à tarik kedalam à terbentuk segi lima menjadi bintang.
  1. Membuat objek spiral
Klik ke Polygon Tool à pilih Spiral Tool atau tekan A à pada lembar kerja klik dan geser tombol kiri mouse sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah spiral.
  1. Membuat objek table
Klik polygon Tool à klik Grap Paper Tool atau tekan D à tekan dan geser tombol kiri mouse pada kanvas à terbentuklah table
  1. Menggunakan Freehand Tool
Klik Freehand Tool pada Toolbox à pada kanvas klik tombol kiri mouse à drag kearah yang diinginkan à jika sudah sesuai keinginan, tekan tombol Esc pada keyboard untuk mengakhiri.
Apabila ingin melengkungkan garis, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve.
  1. Menggunakan Bezier Tool
Klik Bazier Tool pada Toolbox à pada kanvas klik satu kali pointer bertanda (+) à pindah ke posisi lain à klik lagi di posisi tersebut à lanjutkan hingga sesuai dengan objek yang diinginkan.
Bila ingin melengkungkan garis dari objek di atas, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve
  1. Menggunakan Dimension Tool
Buatlah sebuah objek, misalkan persegi panjang berukuran 8×8,5 cm à didalamnya buatlah lingkarang berdiameter 8,5 cm à pada Toolbox, klik Dimension Tool à pada Property Bar pilih Horisontal Tool (untuk menjelaskan garis mendatar) dan pilih Vertical Tool (untuk menjelaskan garis vertical) à pada Dimension Style pilih decimal dengan satuan 0 pada Dimension Precission à pada Dimension Unit pilih cm à aktifkan Show units for Dimension à klik tombol Text Position Drop Down à klik pilihan, teks dimensi di bagian tengah garis à Posisikan pointer pada garis yang akan diberi dimensi / keterangan.
  1. Menggunakan 3 Point Curve Tool
Klik 3 Point Curve Tool pada Toolbox à pada kanvas, klik point 1 à drag dan lepaskan pada point 2 àklik di point 3 à terakhir satukan point 2 dengan point 1 dengan pointer.
  1. Menggunakan Smart Drawing Tool
Klik Smart Drawing Tool pada Toolbox à pada Property Bar pada Shape Recognition Level, pilih Medium dan pada Smart Smooting Level, pilih Highest. à pada kanvas, klik point 1, point 2, point3 dan point 4 à Secara otomatis akan terbentuk objek yang simetris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulangan Tanggal 17 November 2018 Kelas X

SMK TI UDAYANA Soal Kelas   : X   1. Berapa Yang bukan merupakan perangkat masukan  (input device) dari kumpulan nama perangkat keras berikut ini adalah .... a. Keyboard b. Mic c. Scanner d. Mouse e. Monitor 2. Gerbang logika apakah di bawah ini... a.    Gerbang logika OR b.    Gerbang logika NOR c.    Gerbang Logika NAND d.    Gerbang logika AND  e.    Gerbang logika XOR 3. Gerbang NAND merupakan kombinasi dari gerbang.... a. AND dan OR  b. AND dan NAND  c. AND dan AND d. AND dan NOT e. AND dan NOR 4. Dibawah ini yang termasuk 3 fungsi logika dasar adalah...  a. AND, OR dan NOT  b. AND, NOT dan NOR  c. NAND, NOR dan NOT  d. AND, NOR dan OR  e. AND, NOR dan NOT 5. Bilangan biner adalah bilangan yang berbasis …. a. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 1 dan 2 b. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1 c. Bilangan yang berb...

MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG MATI TOTAL

Flashdisk yang Mati Total Bagi yang pernah mengalami flashdisk yang Mati Total, coba cara ini. Peralatan yang harus disediakan : Solder Timah Pisau Cutter atau obeng minus yang tipis ( untuk membuka Casing Flashdisk ) Komponen Crystal ( lingkaran kuning di gambar atas ), kalau gak beli di toko elektonika coba aja kalau ada teman yang punya flashdisk yang masih nyala tapi sudah gak bisa diformat dengan segala cara. Berikut langkah-langkahnya : Buka Casing Flashdisk Ganti komponen Crystal ( yg dilingkari warna Kuning ) Buka dengan Solder, kemudian ganti dengan yang baru. Pasang kembali ke Casingnya Cobalah, semoga Flashdisk  anda sudah berfungsi kembali

ULANGAN HARIAN TANGGAL 11 MEI 2018 SISTEM KOMPUTER

1. Dibawah ini yang bukan termasuk simbol relasi logik adalah.... A. <>, = dan > B. <, = dan <> C. >, = dan =< D. <=, = dan > E. >=, = dan < 2. Pilihlah yang bukan merupakan perangkat lunak sistem operasi dari kumpulan nama perangkat lunak di bawah ini : A. Linux B. Microsoft Office C. Microsoft WIndows D. Macintos E. UNIX 3. Hasil dari penjumlahan relasi logik 2 <> 1 adalah.... A. Benar B. Salah C. Kurang dari D. Lebih dari E. lebih dari sama dengan 4. Hasil dari penjumlahan relasi logik 1 > 2 adalah.... A. Benar B. Salah C. Kurang dari D. Lebih dari E. lebih dari sama dengan 5. Simbol <> merupakan simbol penggunaan relasi logik .... A. sama dengan B. tidak sama dengan C. lebih dari D. kurang dari   E. lebih dari sama dengan 6. Operator yang digunakan untuk membandingkan dua buah nilai logika disebut .... A. Relasi Logik B. Operator Logika C. Gerbang Log...